Apakah Efek Samping Dari Vaksinasi ?? Bahaya Gak Ya ??

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Vaksinasi atau imunisasi adalah tindakan medis yang dapat memberikan efek samping, sama hal nya dengan minum obat atau pemberian obat lewat infus juga demikian, semua itu dapat memberikan efek samping, mulai dari yang sangat ringan maupun yang berat. Efek samping dapat timbul baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Efek samping yang timbul ini tidak sama pada setiap individu, sangat bergantung pada banyak hal, termasuk kerentanan terhadap alergi tertentu dan kondisi kesehatan seseorang.

Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping imunisasi, karena efek samping yang timbul setelah imunisasi umumnya tergolong ringan dan akan dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan atau perawatan yang khusus. Manfaat yang diperoleh setelah imunisasi jauh lebih besar ketimbang akibat yang timbul bila terkena penyakit menular yang sangat berbahaya.

Ada Beberapa Efek Samping Dari Imunisasi / Vaksinasi, Yaitu :

  1. Terdapat rasa nyeri di lokasi penyuntikan, bisa hanya sebentar tapi bisa juga sampai beberapa hari setelah penyuntikan.
  2. Timbul bintik kemerahan dan atau bengkak kemerahan pada area penyuntikan.
  3. Gejala seperti mau sakit influenza, seperti demam ringan, pusing, pilek, badan terasa pegal-pegal dan lainnya.

Selain gejala-gejala tersebut di atas, bisa juga terjadi syok, seperti sesak, denyut nadi tak teratur dan lainnya, akan tetapi hal ini sangat jarang terjadi. Dengan imunisasi tubuh akan membangun sistem kekebalan terhadap penyakit yang sesuai dengan imunisasi yang dilakukan. Nah kalau begitu, sudah jelas ya bahwa imunisasi aman bagi semua individu baik anak-anak maupun dewasa.

More to explorer

Apa Ya Bedanya Vaksinasi dan Imunisasi ???

Vaksinasi Menurut Centers for Disease Control and Prevention, vaksinasi adalah ‘alat’ yang diberikan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh supaya kebal dari penyakit.