Blog

Latest News
Pentingkah Vaksinasi Saat Wabah COVID-19?

Pentingkah Vaksinasi Saat Wabah COVID-19?

Pentingnya Vaksinasi Saat Wabah Penyakit
Seperti yang kita ketahui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan butuh waktu cukup lama untuk mengembangkan vaksin yang mampu mencegah penularan COVID-19 yang kini mewabah di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Lamanya waktu yang dibutuhkan terkait dengan tantangan aspek klinis dari mulai memahami karakteristik virus, uji coba model pada hewan dan manusia sampai akhirnya bisa diproduksi menjadi vaksin yang aman untuk dikonsumsi publik. Lalu, apakah ada vaksin lainnya yang bisa kita gunakan untuk membentengi tubuh kita dari dampak wabah Covid-19 ini? Mari kita simak bersama penjelasannya berikut ini.

Pentingkah Vaksinasi Saat Wabah Covid-19?
Vaksinasi termasuk dalam kegiatan yang disarankan ketika seseorang akan bepergian ke luar negeri. Ketika dunia sedang dilanda wabah Covid-19, pemberian vaksin ini menjadi lebih penting lagi. Vaksin yang ada saat ini memang tidak bisa mencegah Covid-19. Kendati begitu, pemberian vaksin ini bisa melindungi seseorang dari virus dan bakteri dan juga mencegah kerancuan gejala.

Seperti vaksin influenza dan pneumonia, gejala influenza mirip dengan Covid-19, seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, demam, sesak nafas terutama pada kasus yang lebih serius. Jadi, apabila kita telah divaksin influenza dan masih muncul gejala flu maka bisa dipastikan itu bukan penyakit flu biasa, jangan-jangan gejala yang diakibatkan Covid-19.

Apabila seseorang terinfeksi Covid-19 maka daya tahan tubuhnya akan menurun. Penurunan daya tahan tersebut dapat mengakibatkan mudahnya tubuh kita terserang penyakit infeksi lainnya atau yang disebut dengan infeksi sekunder. Akan berat gejala yang ditimbulkan serta semakin sulit penangannya apabila seseorang yang sudah terinfeksi Covid-19 juga disertai adanya infeksi sekunder. Contoh penyakit infeksi sekunder yang sering pada penderita Covid-19 salah satunya adalah penyakit pneumonia.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mencegah terjadinya kerancuan gejala penyakit Covid-19 dengan penyakit lainnya dan juga sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder dari penderita Covid-19 tersebut dengan cara vaksinasi. Hal itu juga bermanfaat untuk mencegah biaya yang tidak perlu dari pemeriksaan kesehatan terutama tes Covid-19 ketika muncul gejalanya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *