Blog

Latest News
Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona, Berikut 5 Cara Melakukannya

Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona, Berikut 5 Cara Melakukannya

Demi mencegah penyebaran virus corona, himbauan pemerintah untuk social distancing atau jaga jarak sosial membuat banyak orang #dirumahaja

Namun bagi sebagian orang dituntut harus tetap beraktifitas di luar rumah, seperti tenaga medis, pos vital pelayanan public, Perbankan, usaha bidang bahan makanan pokok, expedisi logistik, TNI-Polri dll.

Kondisi ini bagi sebagian orang membuat rutinitas berubah, tak ada perjalanan panjang dalam kerumunan menuju ke kantor, tak ada lagi meeting di luar kantor, semua pekerjaan dilakukan dari rumah via telekomunikasi digital yang ada.

Di saat seperti ini, seringkali makanan menjadi cara untuk mengatasi stres, karena banyak orang yang merasa bosan di rumah, ditambah setiap hari di hadapkan dengan informasin terbaru terkait wabah COVID-19 makin membuat stres dan cemas.

Di tengah wabah corona sekarang ini, sangat penting menjaga kesehatan, salah satu caranya adalah menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh.

DokterVaksin.com merangkum lima hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat di tengan wabah virus corona.

1. Hindari Makanan Manis
Tanpa di sadari konsumsi makanan manis/tinggi gula dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan rasa cemas hingga kematin dini, serta meng-intervensi pada sistem kekebalan tubuh kita.

Pilih camilan yang sehat dan mengennyagkan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, lebih baik jika di rebus, atau buah-buahan rendah gula.

2. Hindari Konsumsi Minuman Tidak Sehat
Dalam masa isolasi dimana interaksi sosial terbatas bagi sebagian orang mungkin bisa memicu depresi dan kegelisahan. Jangan jadikan situasi ini untuk mengkonsumsi minuman berakohol, jika tak ingin kesehatanmu terganggu.

3. Hindari Makanan Junk Food
Hindari makanan instant olahan dan makanan beku selama waktu ini, karena dapat menyebabkan beberapa penyakit serius yang dapat membahayakan kekebalan tubuh.

Ada baiknya membeli bahan makanan sehat, mencuci dengan bersih di air mengalir, dan memasaknya setengah matang, kemudian menyimpan nya di dalam lemari pendingin sebelum memasaknya.

4. Jangan Beli Semua Makanan yang Kamu Inginkan
Menurut Penelitian asisten profesor Ilmu Gizi Birmingham, menginginkan makanan pada saat social distancing memang menjadi tidak terbendung untuk memiliki/menyimpan makanan tersebut, tapi sulit untuk diatasai.
Buat alternatif makanan yang menyehatkan untuk melawan keinginan tersebut. penelitian menunjukkan, bahwa makan sayuran dengan lemak tambahan yang seimbang, membantu penyerapan nutrisi sayuran.

5. Jangan Malas Bergerak
Jika kondisi kamu tidak bisa pergi ke pusat kebugaran, gym atau berlari di luar rumah. Kamu dapat melakukan olahraga di dalam ruangan seperti zumba atau squat, burpees, push-up, dan latihan beban tubuh lainnya di rumah dengan menonton tutorial di internet.

Selain itu kamu juga dapat membersihkan rumah secara teratur dan merawat tanaman, agar tubuh selalu bergerak. Teruslah berkerak dan temukan cara alternatif untuk terus bergerak di rumah untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin di tengah wabah corona.

DokterVaksin.com | Your Vacctination Partner

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *